TAKE IT EASY; OFFICIAL VIDEO

HOME > TAKE IT EASY; OFFICIAL VIDEO

Beberapa hari yang lalu, Bondan Prakoso beserta team management merilis dan mempromosikan sebuah poster iklan pada situs resmi dan media sosial mereka. Isinya mengajak semua kalangan untuk ikut berpartisipasi dalam video clip single terbaru Bondan yang berjudul Take It Easy. Berbagai macam respon dan segudang pertanyaan pun dilayangkan, terlihat dari aktifnya timeline dari akun twitter @OfficialBondan (milik Bondan pribadi, kini @_BondanPrakoso_) dan @CaptainVOLD (sebut saja fans no. 1 dari Bondan Prakoso), yang sibuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para fans seputar mekanisme pembuatan video clip tersebut. Lantas seperti apakah konsep dari video clipnya? Dan siapa sajakah yang boleh ikut serta di dalam videonya?
Bersama dengan ini, kami menemui sang musisi yang juga sebagai sutradara dari video clipnya, untuk berbincang-bincang mengenai single dan video clip Take It Easy mendatang. Berikut hasil wawancaranya,
AJ: "Hallo mas Bondan, apa kabar?"
bp: "Hallo, Alhamdulillah baik."
AJ: "Bicara tentang single terbaru yang akan dirilis, bisa diceritakan sedikit tentang lagunya?"
bp: "Judul lagunya Take It Easy, masih diambil dari GENERASIKU EP, sebuah lagu yang ringan dan mudah untuk dicerna. Liriknya sedikit jenaka tapi tetap realistis, berusaha menghadirkan sudut pandang tentang bagaimana menyederhanakan hidup yang kompleks, dan merayakannya dengan cara bersyukur. Maksud menyederhanakan di sini bukan berarti "meremehkan" yaa, karena menyederhanakan sesuatu yang kompleks itu tentu sangatlah tidak mudah."
AJ: "Ok, lantas seperti apa konsep video clipnya?"
bp: "Konsepnya mengajak sebanyak mungkin orang, terutama fans, untuk tampil bersenang-senang di dalam video."
AJ: "Caranya?"
bp: "Setiap orang atau fans yang mau ikutan diharuskan membuat video lipsync lagu Take It Easy yang dikonsep dan dibawakan dengan ekpresi dan versi mereka masing-masing. Durasi "maximum" video yaitu sesuai dengan durasi lagu Take It Easy, kurang lebih 4 menit. Kemudian hasil video tersebut dikirim via Google Drive ke alamat e-mail kami."
AJ: "Berarti semua yang mau ikutan harus memiliki akun gmail terlebih dahulu baru bisa mengirim videonya?"
bp: "Betul. Setelah memiliki akun gmail, download aplikasi Google Drive, kemudian upload hasil video ke akun Google Drive tersebut, kemudian klik "Share/ Add People", dan masukan alamat e-mail kami yaitu takeiteasyvideo1@gmail.com atau takeiteasyvideo2@gmail.com."
AJ: "Ok, dari yang saya baca di poster, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan seperti syuting di luar ruangan, bisa tolong dijelaskan lagi mengenai detil mekanisme syutingnya? Mungkin banyak teman-teman yang masih bingung dengan tata cara syutingnya."
bp: "Betul, untuk lokasi memang disarankan outdoor, karena sumber cahaya dari matahari sangatlah menolong agar kwalitas gambar tidak berbintik (noise), lebih bagus lagi syuting di waktu pagi atau sore hari. Untuk tata cara pelaksanaan syuting boleh sendiri-sendiri atau pun berkelompok. Lebih aman bila ada yang bertindak sebagai cameraman untuk mengambil gambarnya, karena bisa lebih fokus mencari angle dan mengatur gambar. Tapi kalo ada yang mau selfie juga boleh, bebas-bebas saja kok, yang penting harus fun."
AJ: "Itu memang harus lipsync yaa mas?"
bp: "Yup!"
AJ: "Berarti level PeDe-nya harus tinggi juga yaa, hahaha."
bp: "Betul! Hahahaa. Sekali-kali ngga apa-apa kan? Lagi pula, anak muda generasi sekarang kan banyak yang suka narsis, suka foto-foto selfie dan di upload ke akun media sosial masing-masing, masa cuma nyanyi lipsync di depan kamera ngga berani."
AJ: "Hahaha, betul juga yaa. Terus untuk cast atau talent, siapa saja yang boleh ikutan mas?"
bp: "Siapa saja boleh ikutan, selain fans dan teman-teman dari komunitas musik, teman-teman dari komunitas di luar musik juga boleh. Karena ini merupakan sebuah karya universal yang dimaksudkan dan dipersembahkan bagi semua yang membutuhkannya, orang-orang di luar sana yang sering kali menemui jalan buntu akan masalah mereka. Harapannya agar energi dari teman-teman yang ada di video nanti dapat merangsang dan mempengaruhi pola pikir orang-orang yang cenderung berputus asa bila sedang menghadapi masalah atau ujian hidup."
AJ: "Wuih keren! Merinding saya dengarnya."
bp: "Yess, so silahkan ajak semuanya untuk ikutan tampil bersama, bisa dengan sahabat, tetangga, atau bahkan mungkin nenek kakek kalian, siapa saja boleh ikutan, ngga ada batas usia."
AJ: "Wow, hahahaa.. Kayanya bakal seru yaa. Untuk kwalitas video gimana mas? Pakai kamera handphone bisa ngga?"
bp: "Bisa, selama kwalitas gambar minimumnya 1280x720 pixels, dan 25 fps (frame per-second). Sekarang sudah banyak kok kamera handphone yang standard kwalitasnya 1280x720 pixels."
AJ: "Ooh, berarti sebelumnya sudah diuji dengan menggunakan kamera handphone yaa mas?"
bp: "Sudah, yang penting kwalitas gambarnya tidak terlalu terang atau terlalu gelap, tidak pecah, tidak blur atau buram, tidak terlalu goyang, dan tidak berbintik atau noise."
AJ: "Wah, sangat detil yaa syaratnya?"
bp: "Harus dong, supaya nanti yang melihat videonya bisa menikmati walau ditonton berkali-kali."
AJ: "Mantap mas. Selanjutnya pertanyaan dari saya pribadi nih. Apakah dengan melibatkan banyak orang dalam proses pembuatan video clip ini semacam obsesi dari mas Bondan pribadi?"
bp: "Hmmm, mungkin lebih tepatnya memenuhi permintaan dari para fans. Karena sejak saya menyutradarai video clip saya sendiri, banyak fans yang minta untuk dilibatkan. Jadi sekarang lah saat yang tepat."
AJ: "Ooh, itu alasannya. Berarti mas Bondan sangat peduli dengan para fans yaa?"
bp: "Tentu. Hanya saja dalam hal pelaksanaan pembuatan video yang melibatkan fans dan banyak orang ini tidak mudah, butuh trik atau pun teknik tersendiri dalam proses pelaksanaanya. Nah, akhirnya sekarang saya menjawab tantangan mereka dengan tantangan. Bisa ngga teman-teman di sana membuat video yang menarik dan memenuhi kriteria untuk masuk ke dalam video clip Take It Easy?"
AJ: "Termasuk mengedukasi juga yaa mas?"
bp: "Betul sekali! Dengan cara ini, fans jadi tau bahwa membuat video clip itu tidak mudah. Yang dibutuhkan bukan hanya ide, tetapi juga waktu, lokasi, wardrobe, tata cahaya, teknik pengambilan gambar, dan lain sebagainya."
AJ: "Luar biasa! Yang saya juga baca ada hadiahnya yaa mas?"
bp: "Iyaa betul, video yang paling kreatif dan paling keren berhak mendapatkan uang senilai 1 juta rupiah."
AJ: "Oh ok, pertanyaan terakhir. Kalo ada yang kurang jelas dan mau tanya-tanya seputar video clip ke mana yaa mas?"
bp: "Bisa ke akun twitter @CaptainVOLD. Silahkan bertanya sedetil-detilnya, dan silahkan direpotkan ngga apa-apa, itu memang sudah tugasnya."
AJ: "Siap! Baik mas Bondan, terima kasih banyak untuk waktu dan penjelasannya, semoga semuanya berjalan dengan lancar. Sukses untuk video clipnya."
bp: "Amin. Terima kasih yaa." #AJ/25/03/2015