PESAWAT KERTAS BONDAN PRAKOSO

HOME > PESAWAT KERTAS BONDAN PRAKOSO

Bukan Bondan Prakoso namanya jika tidak pantang menyerah di tengah carut-marutnya kondisi industri musik Indonesia yang saat ini sedang mengalami fase perubahan yang tidak menentu. Di saat kebanyakan artis sedang stagnan dihantam situasi industri musik yang tengah mengalami kemerosotan, Bondan justru berpandangan lain. Berkat segudang pengalaman dan sepak terjangnya selama ini, Bondan terus berusaha melakukan terobosan-terobosan baru, serta membangun proses kreatif yang inovatif. Dalam hal ini ia mulai menggeluti bidang audio visual atau video clip, yang mana seperti kita tau, Bondan adalah seorang musisi sejati yang karirnya dimulai sejak kecil.

Pada kesempatan kali ini, Bondan yang ditemui di kediamannya banyak bercerita mengenai video clip dari single terbarunya Kau Tak Sendiri, yang baru saja dirilis 8 Desember 2014 lalu di situs resminya bondanprakoso.com. Bondan mengakui bahwa pada video clip kali ini, ia betul-betul murni menyutradarainya sendiri. "Iya betul, biasanya video-video musik yang di upload ke Youtube Channel saya, dikerjakan bersama-sama dengan partner saya. Namun berhubung ia sedang sibuk, terpaksa kali ini saya nekad memberanikan diri untuk mengerjakannya sendiri." ungkapnya. Ketika ditanya mengenai tema video clipnya, Bondan pun menjelaskan, "Tema ceritanya tentang seorang pemuda yang hidupnya berada dalam banyak tekanan, baik di dalam rumah maupun di lingkungan luar tempatnya belajar dan bersosialisasi, sehingga ia hampir tidak memiliki siapa pun untuk bersandar. Ia sering dilecehkan dan dibully hingga merasa dirinya adalah seorang pecundang. Pada akhirnya ia berhasil mengatasi rasa frustasinya. Ia mendapat ide untuk mencurahkan perasaannya dengan membuat paper plane (pesawat dari kertas) yang ia tuliskan pesan-pesan. Pesawat-pesawat kertas itu ia terbangkan dan sebarkan dari atas gedung tempatnya mengurung diri dan menyendiri selama ini, berharap ada orang-orang di luar sana yang merasakan apa yang ia rasakan."

Bondan memaparkan mulai dari ide cerita, pengadeganan, hingga mengarahkan para aktor ia lakoni sendiri dengan dibantu oleh team kecilnya. Selama syuting berlangsung, ia pun menceritakan bahwa hambatan terbesar ada pada faktor cuaca. "Karena sedang musim hujan dan sebagian besar lokasi syutingnya outdoor, jadi kita banyak berhenti bila hujan turun. Lalu begitu mulai reda kita lanjutkan lagi." terangnya. Bondan juga mengakui minimnya pengetahuan akan teknis pengambilan gambar menjadi tantangan terbesarnya dalam menginterpretasikan ide-idenya menjadi sebuah adegan per-adegan. "Saya dan team banyak melakukan kesalahan. Kami betul-betul buta akan teknik-teknik pengambilan gambar, jadi hanya bisa meraba dan merasakan apa yang menurut kami baik. Mohon dimaklumi, kami masih amatir. Maaf apabila ada banyak kekurangan." tambahnya.

Mental baja dan segudang cara yang Bondan miliki untuk bertahan dalam karir bermusiknya telah berhasil menaklukan pandangan dari kebanyakan orang yang menganggap sulitnya bertahan dan berkembang di era krisisnya industri musik Indonesia saat ini. Video clip Kau Tak Sendiri ini mengusung nilai-nilai khusus kemanusiaan, ajakan dan seruan untuk tidak berputus asa, kedewasaan dalam menyikapi masalah, serta menyadari kehidupan sebagai manusia yang utuh. Bondan berharap video Kau Tak Sendiri ini mampu mewakili siapa saja yang mau peduli terhadap sesama, saling berbagi, saling menghormati dan saling membangun kebersamaan. "Kita berpijak pada bumi yang sama, perbedaan bukanlah alasan untuk kita bisa merendahkan atau bahkan menindas terhadap sesama. Merasa diri lebih kuat dan lebih hebat dari yang lainnya akan meracuni dan menjadikan kita sebagai manusia yang takabur. Ingat, roda kehidupan terus berputar, kadang kita di atas kadang di bawah. Kadang kita menang, kadang kita kalah." ujarnya. "Kita adalah makhluk sosial, dan kita saling membutuhkan satu sama lain. Berbaik hatilah terhadap sesama, karena tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat nanti kita akan butuh pertolongan mereka. Dengan memahami arti dari "Kau Tak Sendiri", kita akan mampu untuk hidup berdampingan dalam harmoni dan cinta kasih."

Bondan merasa jauh dari rasa puas terhadap apa yang ia kerjakan sekarang. Baginya tidak pernah ada kata untuk berhenti belajar dan berkarya. "Saya banyak belajar dari proses pembuatan video ini, insya Allah saya akan terus berkarya dan memberikan yang terbaik kepada para fans, bukan hanya melalui musik, tetapi juga video-video yang selaras dan sejalan dengan musik saya." #SD/10/12/2014