ONE INDONESIA DAY 2014, SOLIDARITAS UNTUK PALESTINA

HOME > ONE INDONESIA DAY 2014, SOLIDARITAS UNTUK PALESTINA

31 Agustus 2014 lalu, project kolaborasi Bondan Prakoso dan Kikan sukses menghibur ribuan WNI di kota Ansan, Korea Selatan. Mereka tampil selama kurang lebih satu setengah jam dengan membawakan 13 buah lagu yang diselingi oleh aksi solidaritas untuk korban sipil di Gaza, Palestina. Mereka mengajak para penonton untuk menyumbang secara suka rela pada kotak amal yang diedarkan oleh panitia selama membawakan lagu cover We Will Not Go Down dari Michael Heart dan Zombie dari The Cranberries. Bondan dan Kikan pun juga sempat melakukan pelelangan barang-barang mereka di atas panggung berupa merchandise dan CD album musik, yang kemudian seluruh hasilnya langsung disumbangkan kepada Dompet Dhuafa selaku penyalur donasi ke Palestina. "Ini adalah bentuk gerakan kepedulian kami terhadap Palestina dalam kapasitas kami sebagai musisi." ujar Kikan. "Meskipun gencatan senjata sudah diberlakukan dan kemenangan berada di pihak Gaza, mereka (warga sipil Palestina) tetap membutuhkan bantuan kita, bukan hanya dari segi materiil untuk membangun kembali rumah-rumah, sekolah-sekolah dan tempat-tempat ibadah yang dihancurkan oleh penjajah Israel, tetapi juga bantuan dan dukungan dari sisi moral." tambah Bondan.

Ketika ditanya mengenai konsep dan rencana ke depan seputar kolaborasi mereka, Kikan pun menjelaskan bahwa konsep mereka ini betul-betul untuk yang pertama kalinya ditampilkan secara langsung di hadapan publik, "Berada dan berduet dalam satu panggung bersama Bondan, mulai dari lagu pertama hingga terakhir, merupakan sensasi yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Saya membawakan lagu-lagu Bondan, dan Bondan pun juga membawakan lagu-lagu karya saya, ini adalah konsep yang unik dan menarik." Hal yang sama pun dirasakan oleh Bondan, ketika dimintai pendapat seputar hal yang sama, Bondan pun mengungkapkan "Big Respect untuk Kikan. Berduet bersama di lagu I Will Survive, Generasiku dan Kau Tak Sendiri adalah hal terkeren yang belum pernah saya rasakan sebelumnya! It was a blast!"

Acara yang bertajuk One Indonesia Day 2014 tersebut diselenggarakan oleh gabungan WNI yang rata-rata bekerja di Korea Selatan, KBRI dan juga Dompet Dhuafa. Selain merayakan hari kemerdekaan RI di Korea Selatan, para pengunjung juga disuguhi kebudayaan daerah asli Indonesia yang ditampilkan dalam bentuk tari-tarian, pementasan drama, dan lain sebagainya. Pada acara ini, mereka pun bisa menikmati makanan dan jajanan khas Indonesia yang sepertinya agak sulit didapatkan di negeri ginseng tersebut. "Walaupun kami jauh dari kampung halaman, tetapi kami tetap bisa berkumpul, merayakan dan menikmati moment penting ini bersama teman-teman Indonesia di sini, it's all about Indonesia." ujar salah satu pengunjung. #SD/09/08/2014